Bahaya Virus di Smartphone Android

05 Bahaya Virus di SmartphoneBahaya Virus di Smartphone membuat berbagai macam smartphone menjadi lemot, bahkan membuat smartphone tersebut tidak dapat di akses.

Mungkin kalian bertanya – tanya apa itu virus smartphone? Kalian tahu bahwa kalian menyimpan data berharga di dalam smartphone. Dan saat kalian mendengar tentang masalah kehilangan data di smartphone menjadi lebih sering terjadi.

Oleh karena itu, untuk menambah wawasan kalain, berikut ini adalah beberapa pembahasan tentang bahaya pada virus smartphone yang belakangan ini sering di temui.

Baca juga artikel kami lainnya tentang Nama Virus Komputer Berbahaya

Bahaya Virus di Smartphone

Apakah benar virus smartphone itu ada?

Berdasarkan sejarah pada dunia komputer, virus disini merupakan sebuah program yang dapat menggandakan dirinya sendiri, dan menempel pada program lain. Para peretas biasa menggunakan cara ini untuk menyebarkan virus mereka.

Dan kata virus itu sendiri menjadi sangat populer sehingga berbagai serangan yang terjadi pada komputer biasa di sebut dengan virus. Dan yang paling sering di jumpai adalah program Malicious Software atau yang biasa di sebut dengan Malware.

Dalam dunia ponsel dan smartphone, hingga saat ini kita belum menemukan yang namanya malware yang dapat menggandakan dirinya seperti halnya pada komputer.

Secara teknis, virus malware di android tidak ada, jadi jawabannya adalah tidak. Akan tetapi terdapat banyak tipek malware pada android, kebanyakan orang awam menyebut malware ini sebagai virus, walaupun secara teknis hal tersebut tidak tepat.

Jadi apa itu Bahaya Virus di Smartphone?

Malware merupakan singkatan dari Malicious Software, dimana program ini di desain untuk mengontrol perangkat secara diam-diam dan mencuri data pribadi maupu uang digital yang tersimpan dalam sebuah smartphone.

Malware sudah biasa di gunakan untuk mencuri password, dan berbagai hal penting lainnya dari sebuah ponsel. Dan terkadang dapat memalsukan transfer yang ada pada bank korban. Selain itu malware jgua dapat melacak lokasi dan aktivitas dari korban tanpa di ketahui.

Bagaimana Malware Dapat Menginfeksi Ponsel?

Melalui berbagai penelitian tentang keamanan ponsel di tahun 2012, di temukan bahwa tingkah laku dan lokasi korban sangat mempengaruhi resiko kalian terinfeksi malware. Biasanya hal tersebut di karenakan dengan tingkah laku dalam proses download file dari internet dalam bentuk aplikasi yang tidak di ketahui darimana datangnya.

Terkadang malware tersebut di buat mirip dengan aplikasi berbayar yang di sebarkan secara gratis di internet. Dan apabila aplikasi tersebut di install, mungkin memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang ingin kita instal, akan tetapi terdapat fungsi ekstra yang terjadi secara diam-diam.

Kadang pada awalnya aplikasi yang kita download tidak memiliki malware, namun, dengan adanya update aplikasi, hal tersebut dapat menjadi celah keamanan dari smartphone kita.

SElain itu, ada juga aplikasi normal yang kita download memiliki fungsi download otomatis yang tidak di ketahui oleh korban. Dimana aplikasi tersebut mendownload kode tambahan yang membuat smartphone kita terinfefksi malware. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik mendownload aplikasi yang telah di setujui oleh google dan dapat di download dengan aman di Google Playstore.

Bagaimana Cara Melindungi Smartphone dari Malware?

Untuk menghindari malware caranya cukup sederhana. Dimana kalian dapat mengurangi resiko infeksi malware dengan mudah. Terdapat dua cara utama yang dapat di lakukan untuk melindungi diri kalian dari serangan malware.

Yaitu dengan mengunduh aplikasi keamanan antivirus dan melakukan scan secara berkala. Dan cara lainnya adalah seperti yang kami sebutkan diatas, dimana mengunduh aplikasi melalui aplikasi yang telah di percaya seperti google playstore.

Jika mendownload di luar google playstore, cobalah lihat terlebih dahulu komentar dan review yang ada ada situsnya. Contohnya seperti Tap tap io, tidak semua aplikasi dan game yang ada dalam tap tap benarĀ  – benar bekerja. Selalu ada komkentar dan rating yang memberitahukan apakah aplikasi tersebut aman atau tidak.

Apa yang dapat Malware lakukan pada Android?

Malware di desain untuk menciptakan keuntungan untuk Cybercriminal. Malware dapat mencuri informasi pribadi kalian. Membuat smartphone kalian mengirimkan SMS tanpna kita ketahui, bahkan menginstal adware secara paksa secara diam-diam.

Selain itu, hal berbahay lain yang dapat di lakukan oleh sebuah malware adalah seperti:

  • Mencuri Daftar Kontak
  • Mengambil paksa Informasi Pribadi
  • Melacak Lokasi
  • Mencuri password, dan sebagainya.

Dengan menggunakan Malware, para peretas tersebut akan memiliki akses smartphone, dimana semua data yang dicuri dapat di jual ke pihak ketiga di darkweb, dan dapat mereka gunakan sendiri untuk kepentingan lainnnya.

Bahkan yang lebih parahnya, ponsel dapat terinfeksi dengan Rnasomware, yang dapat mengunci dan mengenkripsi data kita. Setelah itu mereka akan meminta bayaran untuk membuka semua data yang ada di ponsel.

Tanda bahwa Ponsel terinfeksi Virus atau Malware

Smartphone dapat rusak baik secara internal mauun eksternal. Mungkin kerusakan eksternal dapat dilihat dengan mudah, akan teteapi kerusakan internal akan sulit untuk di deteksi.

Malware bekerja seperti virus, yang biasa di kenal dengan bekerja terus menerus dan dapat mengganggu kinerja dari ponsel kalian. Tanda – tanda ponsel terkena virus adalah seperti berikut ini.

  • Ponsel menjadi lemot
  • Membuka aplikasi lebih lama
  • Battery Ponsel cepat terkuras
  • Seringnya muncul pop up pada sebuah aplikasi
  • Ponsel kalian memiliki apliaksi yang tidak pernah kalian unduh.
  • Penggunaan data ponsel yang berlebih

Cara Memeriksa Virus dan Malware di Android

Cara yang baik untuk memeriksa apakah ponsel kita memiliki virus adalah dengan melakukan scan menggunakan antivirus yang dapat di unduh dengan mudah di google playstoer.

Sebelum membeli layanan antivirus di ponsel kalian, pastika kalian menggunakan aplikasi yang terkenal akan peformanya. Di internet terdapat berbagai macam antivirus yang mudah untuk di gunakan, dan beberapa dari mereka tersedia secara gratis.

Lakukanlah research terlebih dahlu untuk memastikan apakah aplikais yang ingin kalian gunakank memiliki fitur yang di butuhkan atau tidak. Secara pribadi, kami menggunakan antivirus Avast sebagai pertahanan melawan virus.

Cara menghapus virus dan malware di Smarpthone

Jika kalian merasa terdapat malware di smarpthone, maka akan menjadi hal penting untuk menanggulangi masalah tersebut secepatnya. Dan berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat kalian ikuti untuk hal tersbeut.

  • Matikan ponsel dan nyalakan ulang ke dalam mode Safe Mode. Tekan tombol power untuk mengakses pilihan reboot yang tersedia. Kebanyakn android memiliki pilihan untuk reboot ke safe mode.Pada umumnya tombol yang harus di tekan secara beberapa detik adalah tombol power + volume down. Akan tetapi di beberapa android menggunakan tombol power + volume up.
  • Uninstal apliaksi yang kalian rasa tidak pernah download dari google playstore. Sebelum menguninstal pastikan kalian force close terlebih dahulu untuk menghindari kerusakan pada smartphone. Hal ini juga dapat menghindari infeksi malware ke ponsel lain.